Kamis, 18 Juli 2013

Budidaya Lele Sangkuriang


Budidaya Lele Sangkuriang (ragambudidaya) -Budi daya ikan lele, baik lele lokal ataupun lele dumbo, telah lama dikenal serta digeluti penduduk indonesia. dibanding dengan budi daya ikan air tawar lainnya, ketertarikan penduduk untuk membudidayakan ikan tidak bersisik ini memanglah lebih tinggi serta iebih merata di beragam tempat. lalu, kenapa penduduk amat berminat menginvestasikan duit mereka untuk membudidayakan lele, terlebih lele dumbo, dibanding dengan budi daya ikan air tawar iainnya ? untuk menjawab partanyaan diatas, kita dapat menelaah dari segi keuntungan yang bisa diperolah seseorang membudidayakan lele. dengan kata lain, lihat prospek usaha budi daya lele.

Bukan hanya tanpa alasan seseorang menentukan berinvestasi didalam usaha budi daya lele. nyatanya, ada sebanyak keuntungan serta keunggulan yang di tawarkan, layaknya pemaparan di bawah ini.

Tahan banting
Lele terhitung ikan yang populer tahan banting” agar bisa bertahan hidup, lele tidak membutuhkan situasi atau kriteria air spesial layaknya halnya ikan air tawar iainnya ( ikan bersisik ). ikan air tawar iain membutuhkan oksigen terlarut didalam air yang cukup, namun lele tidak terlampau membutuhkannya.

Lele apalagi dapat menghirup oksigen di hawa dengan langkah menyembul ke permukaan air, dikarenakan lele mempunyai alat pernapasan tambahan yang dimaksud labirin atau arborescent. perihal yang tidak barangkali dikerjakan ikan bersisik.

Kekuatan ikan lele layaknya dimaksud diatas bikin ikan ini bisa dibudidayakan nyaris di tiap-tiap tempat serta di sembarang area. di satu tempat yang minim air, apalagi di comberan lalu, kasarannya, lele bisa dibesarkan atau dibudidayakan.

Syaratnya, janganlah menebar benih berukuran kecil. pakai ukuran 9-12 cm, atau apabila butuh ukuran di atasnya. walau demikianlah, didalam budi daya lele tidak bermakna situasi air dapat diabaikan atau diremehkan demikian saja. untuk meningkatkan perkembangan, produktivitas, serta melindungi kesehatan lele, sudah pasti ketersediaan serta pemeliharaan air jadi perihal mutlak yang perlu dikerjakan.


Periode pemeliharaan lebih singkat
Periode pemeliharaan lele iebih singkat dibanding dengan periode pemeliharaan ikan air tawar iainnya, baik pembenihan ataupun pembesaran. sebagai contoh, budi daya pembesaran lele yang dikerjakan dengan intensif cuma memerlukan waktu lebih kurang 2 - 3 bln. untuk meraih ukuran mengonsumsi, bergantung padat penebarannya.

Situasi diatas tidak sama dengan ikan air tawar iainnya yang membutuhkan waktu pemeliharaan relatif lebih lama. ikan nila contohnya, membutuhkan waktu lebih kurang 5 - 6 bln. untuk meraih ukuran mengonsumsi. sesaat itu, gurami memerlukan waktu kian lebih 1 tahun untuk panen ukuran mengonsumsi.

Tentukan penebaran rendah atau padat ?
Didalam budidaya pembesaran lele dengan intesif dikatakan penebaran rendah, bila populasinya pada 150 – 200 ekor/m3. Untuk meraih ukuran mengonsumsi, umumnya dibutukan waktu lebih kurang dua bln.. berarti, didalam 1 tahun dapat dipanen sejumlah enam kali.

Sebaliknya dimaksud penebaran padat jika, jika populasi lele pada 200-350 ekor/m3. untuk meraih ukuran mengonsumsi, diperlukan waktu lebih kurang tiga bln.. berarti didalam 1 tahun dapat memanen lele lebih kurang empat kali. lantas, tambah baik mana penebaran rendah atau padat ?

Menurut pengalaman sebagian petani, penebaran padat lebih beruntung. meskipun membutuhkan periode pemeliharaan yang sedikit lebih lama & frekuensi panen per th. tidak sesering penebaran rendah, namun produktivitasnya lebih tinggi, bila dibanding dengan dengan penebaran rendah

Tehnik pemeliharaan cukup sederhana
Dibanding dengan budi daya ikan bersisik, tehnik yang dipakai pada pemeliharaan lele cukup simpel. peralatan serta bahan yang digunakan lalu terbilang gampang ditemukan di lebih kurang kita. tetapi, ada satu perihal terutama di perhatikan, yaitu segi ketelatenan.

Didalam perihal perubahan air lalu tidak mesti sesering layaknya membudidayakan ikan bersisik. pada step pembesaran, jadi sepanjang 10 hari pertama sejak penebaran, disarankan untuk tidak ganti air sekalipun. didalam pembesaran lele tidak memeriukan sistem air deras layaknya yang dikerjakan pada pembesaran ikan mas.

Siklus keuangan cepat
Periode pembenihan serta pembesaran lele yang relatif singkat bikin perputaran keuangan amat cepat. dikarenakan itu, tak perlu menanti terlampau lama untuk nikmati keuntungan dengan finansial dari hasil pemeliharaan lele.

Jika memiliki kolam cukup banyak dengan perputaran duit yang demikian cepat bisa digunakan untuk membiayai operasional kolam iainnya, layaknya beli bibit serta beli pakan. disamping itu, pembudidaya dapat mengatur waktu panen supaya bisa berjalan tiap-tiap minggu atau bln.. langkahnya, penebaran bibit di sebagian kolam dikerjakan dengan bergilir dengan interval waktu yang diatur menurut gagasan panen atau tujuan pasar.

Benih ikan lele relatif lebih murah serta mudah diperoleh
Pada pembesaran iele, di antara keuntungan iainnya yaitu harga benihnya yang tidak terlampau mahal. sebagan contoh, kisaran harga benih iele ukuran 5-7 cm sekarang ini lebih kurang Rp 175 per ekor. besaran tersebut adalah harga rata-rata di sebagian tempat di indonesia. Ukuran benih yang sama untuk ikan nila, ikan mas & gurami, harga nya dapat dua atau tiga kali lipat dari harga benih lele tersebut. tak hanya murah, benih lele relatif gampang didapat, dikarenakan nyaris di tiap-tiap tempat ada petani unit pembenihan lele.

Tetapi demikianlah, harga benih lele di sebagian tempat dapat lebih murah dari harga rata-rata. petani di kampung lele dapat beroleh bibit dengan harga tambah lebih murah.

Di tempat kalimantan yang berlangsung jadi sebaliknya. harga benih lele di tempat tersebut amat mahal, meraih. lebih mahal lagi di tempat papua.

Tetapi, di tempat tersebut harga jual lele ukuran mengonsumsi sesuaikan dengan harga benih. berarti, harga lele ukuran mengonsumsi juga tergolong mahal. karena, tak lagi mengganggu tingkat dapatkanan laba petani.

Relatif tahan pada penyakit
Meskipun adalah ikan tanpa sisik, lele dipersenjatai dengan lendir yang melapisi kulitnya. lendir ini bermanfaat membuat perlindungan kulit atau tubuh lele, terhitung mencegah serangan penyakit. dikarenakan itu, jauhi perlakuan pada lele yang bisa mereduksi atau mengikis lendir di kulit lele. bila didalam pemeliharaan lele diaplikasikan prinsip menghindar tambah baik dari pada menyembuhkan dapat menghindari lele dari serangan beragam penyakit.

Keinginan pasar stabil
Keinginan akan lele, baik benih ataupun mengonsumsi amat stabil, apalagi terus meningkat. lmplikasinya, usaha budi daya lele layaknya tak ada matinya. keinginan lele untuk mengonsumsi, terlebih diserap oleh segmen warung tenda atau popular dengan warung pecel lele.

Disamping itu, supermarket, restoran, serta tempat tinggal makan juga memerlukan pasokan lele mengonsumsi yang cukup tinggi serta kontinu. restoran serta hotel memerlukan lele ukuran mengonsumsi, baik lele hidup atau lele fresh ( didalam situasi mati ). supermarket memasok lele ukuran mengonsumsi. biasanya, lele fresh dengan ukuran 6—1 o ekor/kg. disamping itu, supermarket menghendaki fillet lele dengan ukuran minimum 500 gram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar