Rabu, 10 Juli 2013

Cara Menanam Bayam


Cara Menanam Bayam (ragambudaya) -Bayam merupakan tanaman sayuran yang dikenal dengan nama ilmiah amaranthus spp. kata “amaranth” dalam bahasa yunani bermakna “everlasting” ( abadi ). Tanaman bayam datang dari tempat Amerika tropik. tanaman bayam awal mulanya dikenal sebagai tumbuhan hias. Dalam perubahan setelah itu. Tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein, terlebih untuk negara-negara berkembang. Tanaman bayam masuk ke indonesia pada abad XIX saat jalan raya perdagangan orang luar negeri masuk ke lokasi Indonesia. 

Pusat penanaman bayam di Indonesia yaitu jawa barat ( 4.273 hektar ), jateng ( 3.479 hektar ), serta jawa timur ( 3.022 hektar ). propinsi yang lain ada pada kisaran luas panen pada 13.0 – 2.376 hektar. Di Indonesia keseluruhan luas panen bayam meraih angka 31.981 hektar atau tempati urutan ke-11 dari 18 type sayuran komersial yang dibudidayakan serta dihasilkan oleh Indonesia. produk bayam nasional sebesar 72.369 ton atau rata-rata 22, 63 kuintal per hektar. 

Type bayam dibedakan 2 jenis, yakni :

1. Bayam cabut atau bayam sekul dengan kata lain bayam putih ( a. tricolor l. ). 
Ciri – ciri bayam cabut yaitu memiliki batang berwarna kemerah-merahan atau hijau keputih – putihan, serta memilki bunga yang keluar dari ketiak cabang. bayam cabut yang batangnya merah dimaksud bayam merah, namun yang batangnya putih dimaksud bayam putih. 

2. Bayam tahun, bayam skop atau bayam kakap ( a. hybridus l. ). 
Ciri – ciri bayam ini yaitu memiliki daun lebar – lebar, yang dibedakan atas 2 spesies yakni : 

Varietas bayam unggul ada 7 jenis yakni ; varietas giri hijau, giti merah, maksi, raja, betawi, skop, serta hijau. namun sebagian varietas bayam cabut unggul yaitu cempaka 10 serta cempaka 20. 

Bayam merupakan bahan sayuran daun yang bergizi tinggi serta digemari oleh seluruh susunan masyarakat. daun bayam bisa dibikin beragam sayur mayur, apalagi di sajikan sebagai hidangan mewah ( elit ). di sebagian negara berkembang bayam dipromosikan sebagai sumber protein nabati, dikarenakan berperan ganda untuk pemenuhan keperluan gizi ataupun pelayanan kesehatan masyarakat. 

Tanaman bayam membutuhkan sinar matahari penuh. Keperluan dapat cahaya matahari untuk tanaman bayam cukup besar. pada area yang terlindungi ( ternaungi ), perkembangan bayam jadi kurus serta meninggi akibat kurang memperoleh cahaya matahari penuh. 

Suhu udara yang sesuai untuk tanaman bayam berkisar pada 16 – 20 derajat c. kelembapan udara yang pas untuk tanaman bayam pada 40 – 60%. tanaman bayam menginginkan tanah yang gembur serta subur. type tanah yang sesuai untuk tanaman bayam yaitu yang penting kandungan haranya terpenuhi. 

Tanaman bayam terhitung sensitif pada ph tanah. apabila ph tanah diatas 7 ( alkalis ), perkembangan daun-daun muda ( pucuk ) dapat memucat putih kekuning – kuningan ( klorosis ). sebaliknya pada ph dibawah 6 ( asam ), perkembangan bayam dapat merana akibat kekurangan sebagian unsur. hingga ph tanah yang pas yaitu pada 6 – 7. 

Tanaman bayam amat reaktif dengan ketersediaan air didalam tanah. Bayam terhitung tanaman yang memerlukan air yang cukup untuk pertumbuhannnya. bayam yang kekurangan air dapat tampak layu serta terganggu pertumbuhannya. Penanaman bayam disarankan pada awal musim hujan atau akhir musim kemarau.

-->

Tidak ada komentar:

Posting Komentar