Selasa, 19 Maret 2013

Budidaya belimbing dalam pot




Budidaya belimbing dalam pot(ragambudidaya) -Ini memerlukan sebagian peralatan serta bahan, alat serta bahan yang diperlukan untuk step bikin bibit sendiri salah satunya, silet, gunting, oplastik, raffia, cabang entries serta bibit semai. 

Bikin bibit sendiri dengan langkah okulasi serta sambung. semula dibikin bibit semai hasil penyemaian biji yang tingginya 30 cm dengan umur 4-8 bln.. tentukan bibit yang cocok untuk batang pokok. 

Lantas siapkan juga batang sekunder yang panjangnya 5-20 cm, berdaun hijau muda, serta ujung daunnya sudah menua. cabang entries ini di ambil dari pohon yang unggul serta dipotong dari pohon induk yang sehat. 
untuk bikin bibit okulasi, langkah-langkahnya seperti berikut, tentukan bibit semai yang berbatang lurus serta tidak bercabang,kemudian sayat mata tunas pada cabang entris yang baru di ambil dari pohon induk. 

Bikin menyerupai jendela di bagian bawah bibit semai selama 2-3 cm, lebar 1 cm. bikin sayatan setengahnya hingga membentuk lidah terbuka. sisipkan mata tunas ke didalam jendela dibawah lidah batang bawah, namun tidak bisa menindih. balut mata tepel dengan raffia, mata tunas janganlah tertutup balutan. 
kurun waktu 21-35 hari, mata temple terlihat hidup serta menyatu, lantas ujung tanaman batang bawah dipotong. lantas simpan di tempat yang teduh. 


Setelah itu langkah bikin bibit sambungan atau enten. tentukan bibit yang sehat lantas potong pada ketinggian 10-15 cm diatas tanah. lantas belah jadi dua. cabang entries dipotong ujung bawahnya cocok wujud batang bawah, serta ikat dengan raffia dari bawah ke atas. tutup sambungan dengan plastic transparan. 

Bila entrisnya mulai bertunas, maka tutup plastic di buka tetapi balutan raffia bisa dibuarkan hingga tunas bener-bener kuat. 

Sediakan media tanam 
Untuk media tanam kita mesti mempersiapkan pot tanah liat, tanah, pupuk kandang, kompos, drum, ember, serta drum dari kayu. pot untuk bibit pakai yang berukuran besar memiliki diameter 20-30 cm, namun untuk tanamnya siapkan pot yang berdiameter 50-60 cm serta tingginya 40-60 cm. 

Lantas sisi bawah pot dilubangi untuk pembungan air. perbandingan komposisi pada pupuk kandang dengan kompos bergantung type tanahnya. bila tanahnya berpasir membutuhkan perbandingan 1 : 1. 

Langkah-langkahnya, isi pot dengan media ¾ sisi, masukan bibit didalam pot tegak lurus pas di dalam pot, imbuhkan media serta padatkan supaya tidak goyah. sisi bawah pot atau saluran air ditutup dengan pecahan genting, spon atau kelapa. perihal ini agar air bisa keluar dari pot namun tanahnya tidak terbawa keluar. 

Langkah menanam bibit hasil sambungan 
Batas sambungan dari bibit tidak bisa tertimbun media. sekurang-kurangnya 5 cm sisi batang dibawah sambungan mesti nampak diatas media. jika batas sambungan terkena media tanam maka sambungan tersebut dapat terkena infeksi penyakit busuk akar di bagian batang atas yang tertimbun. 

Langkah menjaga belimbing didalam pot 
Perawatan belimbing didalam pot pada prinsipnya sama layaknya perawatan belimbing yang ditanam di tempat terbuka atau kebun, tetapi ada banyak hal yang lain didalam perawatan tanaman didalam pot ini, perbedaannya yakni, pembaruan media tanam yang dikerjakan sesudah tanaman berusia 3-4 th., media tanam yang ada didalam pot dapat mengeras, serta langkah mengeluarkannya dengan menepuk-nepuk punggung pot, dikarenakan akar yang ada didalam menempel pada dinding pot. 

Sesudah tanaman dapat dikeluarkan dari pot, lantas ujung dari akarnya dipotong. masukan media tanam baru dengan campuran tanah serta pupuk kandang kedalam pot,kemudian siram dengan air secukupnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar